//
you're reading...
android

5 Android Malware Paling Populer


Sophoslabs, sebuah perusahaan keamanan internet telah mengenali 5 jenis malware yang paling sering ditemukan dalam smartphone maupun tablet Android.
Studi SophosLabs tersebut mengumpulkan statistik dari penggunaan aplikasi anti-malware buatan mereka yang telah tersebar di 118 negara, dan hasilnya menyatakan bahwa jumlah ancaman malware untuk platform Android terus bertambah dan telah menjadi sebuah ancaman yang sangat serius.
Jumlah aplikasi yang terdapat di Google Play Store pada saat ini telah mencapai 460.000 macam aplikasi, plus sejumlah sumber lain yang juga menyediakan aplikasi Android untuk didownload, dan media selain Google Play Store itulah yang kebanyakan menjadi sumber penyebaran malware.
Chet Wisnierski, senior security advisor di Sophos, mengatakan bahwa mayoritas pengguna terinfeksi malware gara-gara efek ‘side-load.’ Hal ini terjadi karena para pengguna mendownload program dari sumber-sumber tidak resmi, mayoritas merupakan aplikasi berbayar yang ditawarkan secara gratis oleh si pembajak, padahal pihak pembajak tersebut telah memenuhinya dengan virus Trojan untuk perangkat mobile.
Menurut data Sophos, 5 macam malware yang paling banyak ditemukan di perangkat-perangkat Android adalah:
– Andr/PJApps-C: aplikasi berbayar yang telah di-hack, walaupun sangat jarang membahayakan perangkat Anda, namun mayoritas merupakan aplikasi ilegal
– Andr/BBridge-A: malware ini mampu menginstall sejumlah aplikasi berbahaya lain ke dalam perangkat Anda. Malware ini juga akan menggunakan HTTP untuk berkomunikasi dengan sebuah server pusat untuk membocorkan informasi-informasi yang bisa mereka hack.
“Aplikasi ini mampu mengirim dan membaca jenis SMS, dan pada akhirnya membebankan biaya ekstra pada Anda. Aplikasi ini juga mampu men-scan SMS yang akan datang dan menghilangkan peringatan bahwa SMS tersebut merupakan SMS premium, tanpa Anda harus mendaftar terlebih dahulu.”
– Andr/BatteryD-A: aplikasi ‘battery doctor’ abal-abal ini mengklaim mampu menghemat penggunaan baterai pada perangkat Anda. Bukannya melakukan hal tersebut, aplikasi ini malah mengirimkan informasi berharga Anda pada sebuah server dengan menggunakan HTTP dan pada akhirnya menampilkan berbagai macam iklan pop-up secara agresif.
– Andr/Generic-S: malware ini mampu melakukan berbagai macam tindakan yang berbahaya, mulai mengeksploitasi informasi berharga Anda hingga menampilkan adware secara agresif, salah satunya seperti malware Android Plankton.
– Andr/DrSheep-A: familiar dengan Firesheep? Tool desktop yang memungkinkan para hacker untuk membajak Twitter, Facebook dan LinkedIn dalam sebuah lingkungan yang dilengkapi dengan jaringan wireless? Andr/DrSheep-A adalah versi Android dari tool tersebut.
Jadi, sudahkah Anda update software anti-malware di perangkat Android Anda?
source : gopego

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Biografi Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta....... Baca selengkapnya »

Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dengan nama Ahok adalah politikus asal Belitung ....... Baca selengkapnya »

Profil Chirul Tanjung (CT) adalah konglomerat Indonesia yang namanya berada di urutan 937 dari 1000 orang terkaya di dunia....... Baca selengkapnya »

Profil Dahlan Iskan lahir di Magetan pada tanggal 17 Agustus 1951....... Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 77,365 hits

Categories

translator

English Chinese Spain Germany

LIKE # Dapatkan Berita Terupdate

pagerank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Page Rank Checker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Join 11 other followers

SITE STATS

onesetia82
%d bloggers like this: