//
you're reading...
berita

Fitur Baru BlackBerry 10 Diprediksi Guncang Pasar


TEMPO.CO, Jakarta -Sistem operasi terbaru dari Research in Motion (RIM), BlackBerry 10, diharapkan mampu membalik nasib buruk perusahaan asal Kanada tersebut di pasar global. Dalam kunjungan ke Indonesia, Chief Marketing Officer RIM, Frank Boulben, tidak lupa mempromosikan kelebihan platform barunya ini.

“BlackBerry 10 akan membawa teknologi layar sentuh yang benar-benar berbeda dari produk lainnya,” ujarnya dalam wawancara terbatas dengan wartawan di Ritz Carlton, Pacific Place, Kamis, 11 Oktober 2012. Perangkat dengan platform ini akan terbagi dalam dua kategori, yaitu perangkat berlayar sentuh penuh dan perangkat berlayar sentuh yang dilengkapi keyboard fisik.

Carlo Chiarello, Executive Vice President Smartphone Business RIM menyatakan salah satu perbedaan perangkat BlackBerry 10 adalah tidak adanya tombol ‘Home’. Ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, pengguna tidak harus kembali ke halaman muka. Hal ini dilakukan dengan ‘swipe’ atau menggeser halaman ke samping.

“Kami ingin  memberikan pengalaman menggunakan perangkat yang ‘mengalir'” ujarnya. Boulben menyebutkan bahwa fitur unggulan dalam BlackBerry 10 antara lain BlackBerry Hub, keyboard, BlackBerry Messenger, serta BlackBerry Balance. BlackBerry HUb adalah semacam jendela yang memuat notifikasi email, SMS, hingga akun sosial media.

RIM juga menjanjikan performa maksimal keyboard pada platform ini. Tampilan keyboard BlackBerry 10 memiliki fitur prediksi teks, yang mampu mempelajari kebiasaan penggunanya dalam mengetik teks.

Prediksi kata yang akan digunakan muncul di atas huruf yang terkait. Misalnya ketika diketik ‘the’, maka predisi ‘there’ akan muncul di atas huruf R dan ‘then’ akan muncul di atas huruf N. untuk menggunakan prediksi tersebut pengguna tinggal menyeretnya ke kolom teks.

“Perangkat dengan keyboard fisik mungkin akan sedikit berbeda, namun tetap memiliki kemampuan yang sama,” ujar Chiarello.

Fitur berikutnya adalah BlackBerry Balance, untuk pengguna yang memanfaatkan perangkat mereka untuk tujuan pekerjaan sekaligus pribadi. Dengan fitur ini, terdapat mode ‘Personal’ dan ‘Work’ yang dapat diubah dengan cepat. Mode ‘Work’ memiliki sistem enkripsi dan dapat dikontrol oleh perusahaan.

“Dengan fitur ini perusahaan tidak bisa melihat data personal, sementara pengguna tidak bisa mengotak-atik aplikasi di mode Work.” ujarnya menambahkan.

Fitur unggulan keempat, yaitu BlackBerry Messenger, masih ditutup rapat oleh RIM. Namun mereka menjanjikan adanya inovasi mendasar atas layanan pesan ini.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Biografi Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta....... Baca selengkapnya »

Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dengan nama Ahok adalah politikus asal Belitung ....... Baca selengkapnya »

Profil Chirul Tanjung (CT) adalah konglomerat Indonesia yang namanya berada di urutan 937 dari 1000 orang terkaya di dunia....... Baca selengkapnya »

Profil Dahlan Iskan lahir di Magetan pada tanggal 17 Agustus 1951....... Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 77,365 hits

Categories

translator

English Chinese Spain Germany

LIKE # Dapatkan Berita Terupdate

pagerank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Page Rank Checker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Join 11 other followers

SITE STATS

onesetia82
%d bloggers like this: