//
you're reading...
berita

Samsung Luncurkan Chromebook Rp 2,4 Juta


TEMPO.CO, San Francisco – Samsung meluncurkan notebook yang menggunakan sistem operasi Google Chrome dan didukung oleh prosesor ARM. Chromebook dengan fitur layar 11.6 inci, daya tahan baterai 6,5 jam, seharga US$ 249 (Rp 2,4 juta) itu diluncurkan pada sebuah acara di San Francisco, Kamis, 18 Oktober 2012.

 

Tampil mirip Apple MacBook Air, Chromebook memiliki berat 2,43 pon (1,1 kilogram), tebal 0,8 inci, dan menyala kurang dari 10 detik. Karena dilengkapi prosesor ARM, notebook itu tidak perlu kipas angin.

 

Peluncuran Chromebook terbaru ini menyusul peluncuran seri 5, Chromebook 550, dengan harga mulai US$ 450 dan komputer desktop Chromebox seri 3 seharga US$ 330 pada bulan Mei. Dengan harga mulai US$ 250, Chromebook terbaru diharapkan mendapatkan lebih banyak pembeli.

 

Google menggambarkan komputer Chrome OS sebagai komputer berbasis cloud. Mereka dibangun untuk ekosistem Google, yaitu Drive, Gmail, Google Docs, You Tube, Search dan Google +. Paket produk Samsung itu juga termasuk penyimpanan gratis 100GB selama dua tahun pada layanan berbasis cloud, Google Drive.

 

“Banyak orang menggunakan Chromebook hari ini sebagai komputer tambahan yang sempurna untuk di rumah,” tulis Sundar Pichai, wakil presiden senior di unit bisnis Chrome dan Aplikasi di Google, dalam sebuah posting blog bertepatan dengan peluncuran Samsung itu. “Tidak perlu khawatir tentang keamanan dan pemeliharaannya mudah. Anda hanya perlu mengisi baterai,” tambahnya.

 

Satu-satunya aplikasi yang di-instal pada perangkat ini adalah web browser Google Chrome, yang menggabungkan media player dan file manager.

 

Browser Chrome lebih banyak hadir dalam industri komputer daripada dalam sistem operasi. Sistem operasi ini bahkan tidak terdaftar dalam peringkat sistem operasi dari Net Applications.com. Laporan September menyebutkan Microsoft Windows memiliki pangsa 92 persen dari pasar desktop/notebook, Apple Mac OS X memiliki pangsa 7 persen dan Linux 1 persen.

 

Sementara itu, Browser Chrome, menguasai 19 persen dari pasar browser desktop, sedangkan Google Android menikmati pangsa 21 persen pada pasar smartphone dan tablet.

 

Selain Samsung, sistem operasi Google Chrome juga tersedia pada komputer notebook AC700 dari Acer.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Biografi Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta....... Baca selengkapnya »

Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dengan nama Ahok adalah politikus asal Belitung ....... Baca selengkapnya »

Profil Chirul Tanjung (CT) adalah konglomerat Indonesia yang namanya berada di urutan 937 dari 1000 orang terkaya di dunia....... Baca selengkapnya »

Profil Dahlan Iskan lahir di Magetan pada tanggal 17 Agustus 1951....... Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 77,365 hits

Categories

translator

English Chinese Spain Germany

LIKE # Dapatkan Berita Terupdate

pagerank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Page Rank Checker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Join 11 other followers

SITE STATS

onesetia82
%d bloggers like this: