//
you're reading...
pekerjaan

Mempersiapkan Keuangan Sebelum Berhenti Kerja


Banyak sekali orang yang tahan bekerja di satu tempat sejak lulus kuliah hingga mencapai usia pensiun. Namun banyak juga yang berpindah-pindah tempat. Beberapa alasan menjadi “kutu loncat” antara lain karena memperoleh tawaran yang lebih menarik, bosan dan ingin mencoba hal baru, atau ada keinginan untuk aktualisasi diri.

Apapun alasannya, sudah seharusnya semua dilakukan dengan perencanaan yang matang dan mantap dari segi mental maupun keuangan. Karena semua keputusan tidak boleh disesali, dan kita harus siap untuk dapat menjalankan segala konsekuensinya.

Lalu bagaimana kita tahu bahwa kita sudah mantap berhenti kerja? Ada tiga langkah yang harus dilakukan.

1. Cari tahu.
Datangi bagian Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menanyakan kewajiban apa saja yang harus dipenuhi sebelum berhenti bekerja, dan fasilitas apa saja yang hilang atau harus dikembalikan. Tidak dapat dipungkiri, seringkali seseorang bertahan pada suatu pekerjaan karena fasilitas yang diterima. Tanyakan kepada diri sendiri apakah siap mengalami perubahan atas fasilitas tersebut?

2. Perencanaan Keuangan.
Tentukan tujuan keuangan Anda dan skala prioritasnya. Sesuaikan kemampuan per bulan atau per tahun untuk alokasi investasi bagi tercapainya tujuan keuangan yang ada. Mulailah membuat perencanaan terkait perubahan fasilitas, misalnya asuransi kesehatan yang tak lagi didapat dari kantor. Pastikan perusahaan selanjutnya dapat memberikan fasilitas paling tidak sama dengan yang didapatkan saat ini. Jika tidak, maka pastikan kita mampu membayar sendiri fasilitas tersebut.

3. Cashflow.
Otomatis dengan berpindah kerja, pendapatan akan berubah dan perubahan fasilitas yang didapatkan juga akan mempengaruhi pengeluaran bulanan maupun tahunan. Buatlah beberapa alternatif cashflow. Pertimbangkan semua sisi positif dan negatif dari masing- masing. Pada akhirnya akan tampak versi yang “realisitis” untuk kita jalani. Pastikan kondisi tersebut juga didiskusikan dengan orang terdekat, karena hal ini akan berpengaruh kepada mereka.

Inilah gunanya memiliki perencanaan keuangan agar semua proses pencapaian tujuan dapat dilaksanakan secara terencana dan menyeluruh walaupun harus berpindah kerja untuk mengejar karir.

Jadi, sudah siapkah resign?

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Biografi Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta....... Baca selengkapnya »

Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dengan nama Ahok adalah politikus asal Belitung ....... Baca selengkapnya »

Profil Chirul Tanjung (CT) adalah konglomerat Indonesia yang namanya berada di urutan 937 dari 1000 orang terkaya di dunia....... Baca selengkapnya »

Profil Dahlan Iskan lahir di Magetan pada tanggal 17 Agustus 1951....... Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 77,315 hits

Categories

translator

English Chinese Spain Germany

LIKE # Dapatkan Berita Terupdate

pagerank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Page Rank Checker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Join 11 other followers

SITE STATS

onesetia82
%d bloggers like this: