//
you're reading...
berita

Bicara gaya, Jokowi tak mau didikte Sutiyoso


Mantan Gubernur DKI Sutiyoso (Bang Yos) menyorot Gubernur Joko Widodo (Jokowi). Menurut Bang Yos, sebaiknya Jokowi melakukan tindakan nyata daripada blusukan. Atas kritikan Bang Yos ini, Jokowi tidak mau didikte.

“Kalau saya lima tahun mau blusukan terus, ke kampung terus, banyak aspirasi dari bawah terus saya harus banyak di lapangan,” kata Jokowi, Senin (19/11).

Menurut Jokowi, setiap gubernur punya gaya sendiri. “Blusukan kan ga harus ke kampung-kampung aja bisa aja di rumah sakit di kelurahan apakah pelayanan baik atau belum. Ini adalah bentuk manajemen, kalau manajemen perencanaan sudah digarap,” ujarnya.

Jadi soal gaya, Jokowi tegas tak mau berubah. “Ga akan selama lima tahun saya akan tetap (blusukan),” tegas Jokowi.

Soal gaya memimpin memang beda-beda. Jokowi juga tidak mempermasalahkan gaya wakilnya Ahok yang keras terhadap para kepala dinas. Menurut Jokowi, Ahok memang seperti itu. “Tiap orang punya gaya sendiri-sendiri. Ya itu gaya pak wakil gubernur,” tukas Jokowi.

Sejarawan Jakarta JJ Rizal menilai, blusukannya Jokowi ke kampung-kampung di Jakarta sebagai realiasi ide populisnya saat kampanye. Tetapi, Jokowi dinilai salah dalam melihat identitas Jakarta.

“Seharusnya Jokowi meniru Gubernur Wiyogo yang mengakui Jakarta sebagai kampung besar. Jokowi blusukan ke kampung-kampung, tapi dia tidak mau mengakui Jakarta sebagai kampung besar,” ujar Sejarawan JJ Rizal di Jakarta, Sabtu (27/10).

Rizal mengatakan, jika Jokowi mau melihat Jakarta sebagai kampung besar, hal itu akan memudahkannya dalam menganalisis permasalahan ibukota. “Kalau dia mau mengakui, itu akan membuat peran dia menjadi lebih konkrit,” kata dia.

Selanjutnya, kata Rizal, permasalahan Jakarta yang harus diselesaikan Jokowi berujung pada satu muara yaitu pembangunan yang tidak adil. “Selama ini pembangunan Jakarta lebih berorientasi kepada orang yang punya ketimbang orang yang tidak punya, lebih berorientasi kepada orang gedongan ketimbang orang kampung,” tegas dia.

Lebih lanjut, Rizal menegaskan, profil Jokowi sebagai gubernur tidak dapat disamakan dengan Ali Sadikin. Karena kompleksitas permasalahan Jakarta saat ini jauh lebih besar dibandingkan masa kepemimpinan Ali Sadikin. “Zaman dan tantangannya sudah berbeda,” pungkas Rizal.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Biografi Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta....... Baca selengkapnya »

Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dengan nama Ahok adalah politikus asal Belitung ....... Baca selengkapnya »

Profil Chirul Tanjung (CT) adalah konglomerat Indonesia yang namanya berada di urutan 937 dari 1000 orang terkaya di dunia....... Baca selengkapnya »

Profil Dahlan Iskan lahir di Magetan pada tanggal 17 Agustus 1951....... Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 77,365 hits

Categories

translator

English Chinese Spain Germany

LIKE # Dapatkan Berita Terupdate

pagerank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Page Rank Checker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Join 11 other followers

SITE STATS

onesetia82
%d bloggers like this: