//
you're reading...
berita

Kiamat internet terjadi minggu depan?


internetBoleh jadi ramalan suku Maya kuno tentang kiamat yang akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012 hanyalah hoax, namun ada ‘kiamat’ lain yang siap menanti.

Dalam hal ini, memang bukan kiamat dalam artian sesungguhnya, melainkan akhir dari kebebasan berekspresi, beraktivitas dan melakukan penjelajahan di internet. Di bulan Desember ini, akan diadakan satu konferensi yang bernama World Conference on International Telecommunications (WCIT).

Konferensi yang rencananya akan dihelat minggu depan ini akan membahas dan memperbarui peraturan-peraturan internet yang selama ini berlaku. Info World (30/11) melansir bahwa memang ada sisi positif dari konferensi itu, namun di balik itu semua, nantinya tidak ada lagi kebebasan dalam penggunaan internet.

Ada pihak-pihak tertentu yang akan menjadi ‘polisi’ di internet. Dengan munculnya pihak yang menurut beberapa pakar adalah diktator baru di dunia internet maka ada kemungkinan semua aktivitas, semua email dan segala hal yang dilakukan oleh pengguna internet dapat dilacak, direkam dan lebih parahnya dapat dimanfaatkan untuk tujuan lain.

Bahkan WCIT Leaks menyoroti bahwa dengan dihelatnya acara yang rencananya akan mengundang 193 negara anggota tersebut akan merusak sisi kebebasan berekspresi dan beraktivitas di internet.

Tidak hanya itu saja, apapun hasil yang diputuskan nantinya juga hanya akan menguntungkan pihak anggota International Telecommunication Union (ITU) serta tidak akan ada yang namanya transparansi.

Banyak pihak yang tidak begitu setuju dengan perhelatan ini. Salah satu contohnya adalah Google. Perusahaan raksasa ini dengan terang-terangan membuat satu laman baru di situsnya berjudul Take Action.

Laman ini bertujuan untuk mengajak pengguna internet lain yang sepaham dengan mereka-mereka yang tidak setuju dengan perhelatan WCIT ini. Selain Google, banyak pihak lain yang juga melakukan tindakan serupa, seperti contohnya yang dilakukan oleh dua peneliti dari George Mason University.

Perhelatan WCIT ini akan dilaksanakan pada tanggal 03 sampai 14 Desember nanti di Dubai.

Apakah Anda akan diam saja, ketika ‘kiamat’ internet itu datang? Apabila Anda tidak setuju dengan pemberangusan kebebasan berinternet maka Anda dapat mengakses Google Take Action ini.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Biografi Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta....... Baca selengkapnya »

Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dengan nama Ahok adalah politikus asal Belitung ....... Baca selengkapnya »

Profil Chirul Tanjung (CT) adalah konglomerat Indonesia yang namanya berada di urutan 937 dari 1000 orang terkaya di dunia....... Baca selengkapnya »

Profil Dahlan Iskan lahir di Magetan pada tanggal 17 Agustus 1951....... Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 77,315 hits

Categories

translator

English Chinese Spain Germany

LIKE # Dapatkan Berita Terupdate

pagerank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Page Rank Checker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Join 11 other followers

SITE STATS

onesetia82
%d bloggers like this: