//
you're reading...
berita

Jokowi: Pengennya semua saya selesaikan, rampung Januari


jokowi-pengennya-semua-saya-selesaikan-rampung-januariGubernur DKI Jakarta Joko Widodo memberikan deadline hingga tanggal 15 Januari 2013 untuk persoalan kelanjutan proyek monorail. Tanggal yang sama juga diberikan Jokowi tentang apakah proyek MRT akan dimulai atau tidak.

Jokowi menjelaskan bahwa untuk proyek monorail, dia kembali mengajak PT Adhi Karya untuk kembali bergabung ke konsorsium. Sebelumnya Adhi Karya menolak bergabung dan pilih menggarap rute lain. Berikut penjelasan Jokowi soal proyek monorail dan MRT.

Bagaimana soal keputusan MRT tanggal 15 Januari nanti?
Nunggu keputusan Pak menko (Menko Perekonomian Hatta Rajasa). Kalau Jakarta Monorail saya masih nunggu legalnya. Saya beri target tanggal segitu, tapi selesai atau tidak saya belum tahu. Pengennya semua saya selesaikan. Rampung Januari semuanya.

Persoalan apa yang masih tampak dari Jakarta Monorail?
Dengan Adhi Karya sudah beres, terus Jakarta Monorail yang tentang bayar tiangnya itu sudah saya suruh selesaikan. Katanya ini Januari sudah mau beres.

Mereka (PT Jakarta Monorail) mau bayar pak?
Mau.

Sekitar Rp 200 Miliar?
Nggak kok. Nggak. Sekitar Rp 100 miliar atau berapa gitu. Rp 120 miliaran atau Rp 130 miliaran gitu. Bukan urusan saya itu. Sudah beres angka semua sudah sanggup. Beres.

Kalau Adhi Karya ikut?
Bisa ikut lainnya. Tapi kemarin saya sarankan untuk juga ikut jadi kontraktornya. Kontraktornya ngerjain untuk yang akan dikerjain ini tapi dengan catatan semua legal sudah beres.

Jadi kontraktor yang dipekerjakan oleh PT Jakarta Monorail?
Iya. Ini satu kepala.

Tapi nggak keluar dari proyek monorail?
Beda-beda. Itu beda soal. Dia (PT Adhi Karya) mengajukan yang jalur east-west. Tapi saya mendorong untuk yang sekarang juga dikerjakan oleh Adhi Karya. Kenapa? Supaya dia kan sudah ngerti masalah. Yang ngecor-ngecor dulu kan juga dia. Nanti lain orang bisa ganti standar ganti acara sampai gambar.

Mau nggak pak mereka?
Itu yang mau saya dorong. Kemarin-kemarin nggak mau. Tapi saya dorong. Kelihatannya setengah (lampu) ijo. Belum ijo gitu loh.

Ada pendekatan lagi?
Itu fungsi saya menghubungkan ini dengan itu. Ini dengan ini biar ga gini. Itu aja fungsi saya ga ada yang lain. Kalau apa ada lembaga keuangan yang bertanya kepada saya, saya memberikan sebuah dorongan agar ikut dibiayai.

Besaran biaya itu darimana pak?
Nggak ngerti. Itu kalau ada yang nanya ke saya. Itu saya dorong agar bisa dipercaya.

Ada public hearing?
Iya dong nanti. Nanti MRT juga ada lagi. Ya kan mengenai public hearing-nya, mengenai biaya mengenai kemungkinan ticketing seperti apa. Jakarta Monorail juga dibuka kira-kira jatuh tiketnya berapa, kalau jadi mereka yang ngerjain loh ya. Terus akan dimulai kapan. Semuanya.

Kapan pak?
Minggu depan semua mulai minggu depan. Dua-duanya.

Kalau semua sudah jadi, target ground breaking?
Januari semuanya. Kalau legal semua sudah beres ya ngapain lama-lama. Yang mundur-mundur kan legalnya ga rampung-rampung.

MRT kan sudah pancang itu? Di break lagi?
Di re-ground breaking (tertawa)

MRT mau ikut Jepang atau Malaysia?
Belum. Belum sampai situ. Yang saya tunggu itu ya saran-saran itu.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Biografi Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta....... Baca selengkapnya »

Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dengan nama Ahok adalah politikus asal Belitung ....... Baca selengkapnya »

Profil Chirul Tanjung (CT) adalah konglomerat Indonesia yang namanya berada di urutan 937 dari 1000 orang terkaya di dunia....... Baca selengkapnya »

Profil Dahlan Iskan lahir di Magetan pada tanggal 17 Agustus 1951....... Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 77,353 hits

Categories

translator

English Chinese Spain Germany

LIKE # Dapatkan Berita Terupdate

pagerank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Page Rank Checker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Join 11 other followers

SITE STATS

onesetia82
%d bloggers like this: