//
you're reading...
berita

Jakarta diprediksi diguncang gempa dahsyat dan tenggelam


jakarta-diprediksi-diguncang-gempa-dahsyat-dan-tenggelamStaf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam Andi Arief mengatakan, Ibu kota Jakarta berpotensi terjadi gempa besar. Temuan ini dihasilkan setelah para ahli di bidang kebumian melakukan riset atas Jakarta.

Andi menjelaskan, Jakarta termasuk daerah yang memiliki sesar aktif. Artinya memiliki potensi terjadi gempa dahsyat di darat. “Para ahli mengumpulkan riset tentang Jakarta. Jadi, Jakarta merupakan daerah tinggian tektonik, air tidak membentuk delta, lalu terjadi penurunan tanah. Selain itu, Jakarta teridentifikasi memiliki sesar aktif,” jelas Andi saat menghadiri diskusi publik bulanan (Bentang Bahari Baharu) yang diselenggarakan oleh Indonesia Maritim Institute dengan tema Informasi Cuaca Buruk dan Antisipasi di Sektor Maritim di Gedung Wisdome, Jakarta, Minggu (13/1).

Namun, kapan terjadinya gempa belum dapat dipastikan. Saat ini para ahli masih melakukan penelitian.

“Siklus belum bisa dipastikan, sekarang sedang dicari paleo (sisa-sisa kegempaan). Pernah tahun 1699 terjadi gempa dahsyat di Jakarta, tapi apa itu epicentrumnya di Jakarta atau di Gunung Salak belum diketahui,” imbuhnya.

Andi menjelaskan, informasi ini bukan untuk menakut-nakuti warga Jakarta. Tetapi, hal ini harus dijadikan pembelajaran sehingga apabila benar-benar terjadi, peristiwa tersebut dapat diminimalisir.

“Jepang itu persiapkan tahun 70an kejadiannya 2011, ini bukan untuk ditakuti tapi kita harus berubah, gedung harus menyesuaikan diri dengan gempa, masyarakat membangun rumah juga harus disesuaikan,” tegas dia.

Selain gempa, Andi membeberkan dalam temuan para ahli, penurunan struktur tanah juga terus terjadi. Sehingga bukan tidak mungkin suatu waktu Jakarta akan rata dengan air. Hal ini yang mengharuskan warga Jakarta mengungsi ke tempat yang lebih tinggi yaitu Pulau Seribu.

“Kalau dari para ahli, terjadi penurunan (tanah) terus menerus, pada saatnya nanti akan jauh lebih tinggi air laut (di banding Jakarta), tentu Jakarta masa depannya di Pulau Seribu, saya kira memang harus pindah tapi tidak harus sekarang,” tandasnya.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Biografi Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta....... Baca selengkapnya »

Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dengan nama Ahok adalah politikus asal Belitung ....... Baca selengkapnya »

Profil Chirul Tanjung (CT) adalah konglomerat Indonesia yang namanya berada di urutan 937 dari 1000 orang terkaya di dunia....... Baca selengkapnya »

Profil Dahlan Iskan lahir di Magetan pada tanggal 17 Agustus 1951....... Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 77,353 hits

Categories

translator

English Chinese Spain Germany

LIKE # Dapatkan Berita Terupdate

pagerank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Page Rank Checker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Join 11 other followers

SITE STATS

onesetia82
%d bloggers like this: