//
you're reading...
berita

SBY: Pilpres 2014 lebih keras ketimbang 2004 dan 2009


sby-pilpres-2014-lebih-keras-ketimbang-2004-dan-2009Satu tahun mendatang, Indonesia akan kembali menggelar Pemilu Legislatif dan Presiden. Hal itu mendapat perhatian khusus dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Di tengah sambutannya pada acara Indonesia Democracy Outlook yang digelar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), SBY memberikan pandangan khusus terhadap pemilihan presiden (pilpres) 2014.

“Khusus pilpres, pandangan saya pilpres 2014 berbeda dengan 2004 dan 2009. Mengapa? Karena tidak ada calon incumbent. Medan politik akan luas sekali, kompetisi bisa lebih keras dibanding pilpres 2004 dan 2009,” kata SBY di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (15/1).

Kerasnya petarungan politik itu terjadi karena munculnya banyak calon sebanyak 36 orang yang dimuat secara khusus di majalah Indonesia 2014. Dari jumlah itu, beberapa di antaranya sudah mendeklarasikan diri, ada pula yang sudah berkampanye secara terselubung.

“Baik kalau banyak anak bangsa yang ingin pimpin negeri ini. Makin banyak yang ingin memimpin negeri ini, berbuat kebaikan bagi rakyatnya siap menghadapi tantangan dan permasalahan maka kita bersyukur banyak pilihan nanti,” tandasnya.

SBY juga melihat, kampanye terbuka dengan mengerahkan massa dalam jumlah banyak menjelang pilpres juga harus dikurangi. Dengan demikian, rakyat dapat mengetahui visi dan misi dari masing-masing calon.

“Yang penting media massa mau siarkan. Yang penting rakyat mendengar. Daripada ratusan ribu malah tidak dengar, malah minta air, dangdut. Bukan dilarang, barang kali dibatasi oleh KPU. Dengan demikian lebih tertib dan lebih hemat. Kalau pemilu malah darimana cari uangnya. Saya takutnya salah mencari uang itu,” kata SBY.

SBY menyarankan debat antar-calon presiden dibuat dengan program lebih terarah, sehingga masyarakat bisa mendengar langsung paparan yang disampaikan. Kondisi itu berhasil diterapkan ketika Amerika Serikat tengah menggelar Pilpres di negaranya beberapa waktu lalu.

“Saran saya, debat antar capres dan cawapres harus dibikin terarah, tajam, fokus dan relevan dengan tugas presiden. Sebagaimana di AS, Obama, ratusan juga yang tonton. Setelah simak, rakyat diajak dengarkan bukan visi misi yang umum, tetapi menyangkut solusi apa dan tindakan apa yang akan dilakukan jika terpilih nanti hadapi masalah bangsa yang kompleks dan rumit. Pertanyaannya harus rinci, misal seputar ekonomi, korupsi, pendidikan, lingungan, toleransi,” lanjutnya.

Terakhir, presiden juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, partai politik hingga semua pihak yang berkepentingan untuk memberikan dukungan luas kepada presiden terpilh nantinya. Tidak perlu memberikan pernyataan menjatuhkan, jika memang menginginkan, SBY menyarankan untuk ikut serta dalam Pilpres selanjutnya.

“Kita harus beri dukungan ketika yang bersangkutan mulai jalankan roda pemerintahan. Akan sangat berat, setelah pimpin tiba-tiba situasinya masih seperti pilpres. Apalagi kalau ada pihak yang ganggu atau jatuhkan. Lebih baik persiapkan 5 tahun lagi. Allah akan kasih. Saya tidak punya kepentingan lagi,” pungkasnya.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Biografi Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta....... Baca selengkapnya »

Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dengan nama Ahok adalah politikus asal Belitung ....... Baca selengkapnya »

Profil Chirul Tanjung (CT) adalah konglomerat Indonesia yang namanya berada di urutan 937 dari 1000 orang terkaya di dunia....... Baca selengkapnya »

Profil Dahlan Iskan lahir di Magetan pada tanggal 17 Agustus 1951....... Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 77,315 hits

Categories

translator

English Chinese Spain Germany

LIKE # Dapatkan Berita Terupdate

pagerank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Page Rank Checker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Join 11 other followers

SITE STATS

onesetia82
%d bloggers like this: