//
you're reading...
berita

Malam ini Jokowi begadang ngitung proyek MRT


jokowi-soal-mrt-porsi-dki-diputuskan-51-persenSetelah mendapat keputusan dari Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) malam ini akan langsung mengkalkulasi proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Nantinya, Jokowi akan langsung mengumumkan kelanjutan proyek tersebut besok.

“Malem ini ngitung MRT. Pulang (rumah dinas) ngitung MRT. Surat Pak Hatta baru saya terima berarti bisa langsung saya hitung,” kata Jokowi di Balai Kota Jakarta, Rabu (16/1).

Jokowi mengaku mengkalkulasi ulang proyek MRT tidak lama. “Ngitung gitu saja kok lama, kan ada kalkulator, enggak sampai setengah jam rampung,” ujar Jokowi.

Pagi tadi, Jokowi sudah menyampaikan besaran skema pembayaran kepada (Japan International Cooperation Agency) selaku lembaga yang membiayai proyek MRT Jakarta. Porsinya 51:49, 51 untuk Pemprov DKI dan 49 pemerintah pusat.

Porsi pengembalian itu di luar permintaan Jokowi. Jokowi awalnya menawarkan 60:40. 60 Pusat, 40 DKI.

Jokowi sejauh ini belum memutuskan kelanjutan proyek MRT. Sebab, sebelumnya masih ada beberapa persoalan yang tak kunjung ada titik temu, terutama skema pembayaran kepada JICA.

Proyek MRT ini akan menelan biaya cukup besar, sekitar Rp 39 triliun untuk dua ruas. Ruas pertama yang dibangun dari Lebak Bulus menuju Bundaran Hotel Indonesia diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 15 triliun. Ruas pertama ini yang membiayai adalah JICA berbentuk pinjaman lunak selama 40 tahun.

Sedangkan ruas kedua dari Bundaran HI menuju Kampung Bandan diperkirakan menelan biaya Rp 24 triliun. Soal ruas kedua ini belum ada kejelasan.

Dalam berbagai kesempatan, Jokowi meminta skema pembayaran kepada JICA porsi pemerintah pusat lebih besar. Jokowi menawarkan 60:40. 60 Pusat, 40 DKI. “Yang kemarin kan 42:58,” ujar Jokowi beberapa waktu lalu.

Alasannya, Jokowi ingin porsi Pemprov DKI lebih kecil sehingga bisa mensubsidi harga tiket. Jika tidak disubsidi, harga tiket MRT bisa tinggi.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Biografi Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta....... Baca selengkapnya »

Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dengan nama Ahok adalah politikus asal Belitung ....... Baca selengkapnya »

Profil Chirul Tanjung (CT) adalah konglomerat Indonesia yang namanya berada di urutan 937 dari 1000 orang terkaya di dunia....... Baca selengkapnya »

Profil Dahlan Iskan lahir di Magetan pada tanggal 17 Agustus 1951....... Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 77,353 hits

Categories

translator

English Chinese Spain Germany

LIKE # Dapatkan Berita Terupdate

pagerank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Page Rank Checker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Join 11 other followers

SITE STATS

onesetia82
%d bloggers like this: