//
you're reading...
berita

Peringati Pagerwesi, Gubernur Bali Liburkan PNS Beragama Hindu


pengambilan-sumpah-pns-stp-nusa-dua-bali-01Metrotvnews.com, Jakarta: Para ibu rumah tangga bersama remaja putri mempersembahkan sesajen rangkaian janur kombinasi bunga dan buah di tempat suci di lingkungan rumah tangga masing-masing, Rabu (16/1), berkaitan dengan Hari Suci Pagerwesi.

Kegiatan yang bermakna untuk meningkatkan keteguhan iman serta mohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dunia beserta isi diberikan keselamatan itu juga diikuti anggota keluarga lainnya.

Pagerwesi sebenarnya tidak termasuk hari libur dan tergolong hari kerja biasa. Namun Gubernur Bali Made Mangku Pastika memberikan dispensasi kepada seluruh karyawan yang beragama Hindu untuk melaksanakan rangkaian kegiatan ritual.

Sebelumnya, perkantoran di Bali selama tiga hari berturut-turut, 10-13 Januari 2013 juga libur lokal berkaitan dengan hari Siwaratri, hari perenungan dosa yang jatuh pada Kamis (10/1) dan Jumat (11/1).

Hari Siwaratri selama dua hari itu disusul dengan hari Saraswati, hari lahirnya ilmu pengetahuan yang jatuh pada hari Sabtu (12/1).

Suasana Bali khususnya kota Denpasar dan sekitarnya, saat umat Hindu memperingati Hari Pagerwesi tampak lenggang, dibanding hari-hari kerja biasa yang diwarnai dengan kemacetan lalu lintas.

Ketua Program Studi Pemandu wisata Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar I  Ketut Sumadi mengatakan hari Pagerwesi yang jatuh setiap 210 hari sekali merupakan rangkaian Hari Raya Saraswati–hari lahirnya ilmu pengetahuan yang jatuh pada hari Sabtu, 12 Januari 2013.

Hari suci Pagerwesi merupakan tonggak dalam  mengingatkan umat terhadap Tuhan Yang Maha Esa penguasa alam semesta yang dilakukan dengan cara bhakti maupun pengorbanan suci secara tulus ikhlas (yadnya).

Ketut Sumadi menambahkan, umat dalam hari suci Pagerwesi kali ini memuja Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasi sebagai “Paramesti guru”, dengan harapan diberikan kekuatan iman serta bimbingan dan lindunganNya.

“Dengan demikian ilmu pengetahuan yang telah diturunkan pada Hari Raya Saraswati penggunaannya dilandasi dengan kesucian, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup umat manusia,” ujarnya.

Melalui perayaaan Hari Pagerwesi diharapkan mampu memperkuat “benteng iman” melalui yoga semadi, sekaligus dapat mengambil hikmah untuk mengendalikan musuh dalam diri maupun musuh yang berasal dari luar

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Biografi Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta....... Baca selengkapnya »

Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dengan nama Ahok adalah politikus asal Belitung ....... Baca selengkapnya »

Profil Chirul Tanjung (CT) adalah konglomerat Indonesia yang namanya berada di urutan 937 dari 1000 orang terkaya di dunia....... Baca selengkapnya »

Profil Dahlan Iskan lahir di Magetan pada tanggal 17 Agustus 1951....... Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 77,361 hits

Categories

translator

English Chinese Spain Germany

LIKE # Dapatkan Berita Terupdate

pagerank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Page Rank Checker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Join 11 other followers

SITE STATS

onesetia82
%d bloggers like this: